SEKILAS INFO
  • 4 bulan yang lalu / Kepada seluruh Remaja/i di Wilayah RW I dan RW II, mohon kehadirannya besok pada hari Sabtu, 16 Maret 2019 dalam acara Mabil sekaligus Pelantikan Pengurus Risma baru..
WAKTU :

Tiap bulan Ramadhan, Desa Kedungpuji jadi wisata ruhani.

Terbit 25 April 2019 | Oleh : admin | Kategori : KEDUNGPUJI NEWS / NEWS / NEWS UPDATE
Tiap bulan Ramadhan, Desa Kedungpuji jadi wisata ruhani.

Suatu hari di jalan Balai Desa Kedungpuji diantaranya : Gapura Balai Desa, Pertigaan Patrol, Pertigaan Balai Desa, Jalan Soponyono dan Depan Masjid Nurul Falaah terlihatlah Baliho besar ukuran 5 X 3 Meter terbentang dengan Tulisan “Kunjungi Wisata Ruhani Bersama keluarga di Masjid Nurul Falaah”. Yaa itulah yang sering terlihat sejak seminggu sebelum Ramadhan tahun ini hadir.

Inilah cara yang merupakan media publikasi sebuah Gelaran akbar yang bertajuk “Ramadhan Bergema Edisi #9” yang bertemakan “Cintai Nabi, Makmurkan Masjid dan Majukan Desa” .

Sebagai agenda yang rutin digelar setiap tahunnya, Acara Ramadhan Bergema Masjid Nurul Falaah selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat pada umumnya. Kehadirannya seolah-olah mengobati rasa dahaga akan adanya sebuah suasana yang Islami.

Acara yang sejahtera dan mensejahterakan, agenda yang menjadi trend setter wisata ruhani kota Gombong khususnya di desa Kedungpuji.

Kepanitiaan yang dibentuk semenjak 1 bulan sebelum Ramadhan tiba oleh Takmir Masjid Nurul Falaah dan Remaja Islam Masjid (RISMA) Nurul Falaah akhirnya mengamanahkan kepemimpinan Ustadz Saryono dan Saudara Toha Mujahid Al Haq sebagai ketua dan wakil ketua kegiatan.

Kepanitiaan ini didukung oleh sekitar 21 divisi kegiatan, tentunya “membutuhkan stok pasukan” yang sangat banyak. Namun Alhamdulillah, banyak wajah baru yang mau terlibat dan tergabung untuk menyukseskan agenda dakwah besar ini.

Awalnya, dibentuk tim inti yang bertugas sebagai konseptor acara dan juga mempersiapkan kelengkapan awal. Maka mencuatlah gagasan tahun ini harus lebih ramai, lebih variatif, lebih atraktif dan heboh namun tetap syar’i.

Target panitia tahun ini dapat menghadirkan minimal 10 pembicara ke Kampung Kedungpuji. Kemudian panitiapun segera “berburu” untuk mendapatkan targetnya.

Berangkat dari hal itu, panitia kemudian menyusun konsep acara yang sangat padat untuk kegiatan Ramadhan. Hampir setiap hari selalu ada acara besar yang dijadwalkan.

Kegiatan kerja bakti lingkungan masjid mengawali kegiatan Ramadhan Bergema Edisi #9 yang biasa diikuti banyak warga yang antusias membersihkan lingkungan masjid dan pemasangan baliho, umbul-umbul serta spanduk rentang sebagai media publikasi kegiatan Ramadhan Bergema Edisi #9 tahun ini yang akan dilaksanakan pada Rabu (1/5/2019) Besok.

Disusul agenda kedua nantinya yaitu Pawai Ta’aruf Keliling Desa Kedungpuji dengan Ratusan umat Muslim tumpah ruah dengan berbagai penampilan unik, tak ketinggalan Group Drum Band dari SD Negeri 2 Kedungpuji akan memeriahkan kegiatan tersebut, kendaraan hias dengan berbagai bentuk dan desain ornamen Islami akan turut menyemarakkan Pawai ta’aruf menyambut bulan Ramadhan 1440 Hijriah tahun ini yang akan dilaksanakan besok pada hari Ahad (5/5/2019) pukul 08.00 WIB.

Pasar Sore Ramadhan (PASORA) yang selalu menjadi program andalan panitia. Pasar musiman yang menjadi salah satu icon masyarakat Kedungpuji selama Bulan Ramadhan Edisi #9 tersebut digelar di sepanjang jalan Masjid Nurul Falaah sampai Gapura Balai Desa Kedungpuji dengan ukuran 5 M x 750 M.

Pasora yang menjadi tempat wisata kuliner warga Kedungpuji yang baru diadakan 9 kali ternyata semakin banyak peserta (Penjual) yang terus bertambah untuk menjajakan dagangannya. Tahun 2019 ini akan ada sekitar 75 stand yang akan mendaftar dan akan memasang patok lokasi untuk berjualan diantaranya bakso, batagor, es sop buah, pecel, gorengan, sate, soto, ayam bakar, bakso bakar, empek-empek, es cream, es pisang hijau, pakaian muslim, obat herbal, mainan edukatif pernak-pernik islam, asesories, dll).

Selain itu, ada program baru yang dikemas secara apik dan dihadirkan setiap senin Sore yaitu kajian Umum. Acara ini adalah pengganti waktu dari kajian rutin malam Rabu diluar ramadhan yang selalu banyak dengan jamaahnya, sehingga sayang ketika di bulan ramadhan dihilangkan.

Materi yang disajikan dalam acara ini sifatnya bergantian yang bersifat edukatif ramadhan yaitu Kajian Fiqih dan Kajian Aqidah serta Kajian Umum, jadi jumlah jamaah lebih meningkat karena hampir semua jamaah masjid ikut menghadiri kajian tersebut.

Agenda Ramadhan Bergema Edisi #9 kali ini meningkat drastis kegiatan serta jumlah panitia, sehingga mampu menarik minat Jamaah baik dalam desa maupun luar desa untuk mengikuti kegiatan yang sudah terjadwalkan.

Hal ini menunjukkan jamaah atau pihak luar mulai percaya terhadap kinerja panitia Ramadhan Bergema Masjid Nurul Falaah. Dengan adanya dukungan dari semua pihak, komunikasi dan pelayanan yang baik, Insya Allah hal ini akan menjadi modal berharga bagi panitia Ramadhan Bergema Edisi #9 pada khususnya dan semua masyarakat kaum muslimin pada umumnya.

Awal Persiapan Kegiatan Ramadhan Bergema Masjid Nurul Falaah ini Alhamdulillah berjalan dengan lancar, karena berkat peran serta masyarakat desa Kedungpuji yang sangat luar biasa hebat dalam upaya meningkatkan syiar Islam di Bulan Ramadhan tahun ini.

Semoga semua amal ibadah kita diterima Allah SWT dan mendapat balasan yang berlipat ganda. Amiin. Tentu dalam pelaksanaannya masih banyak kekurangan, dari kekurangan inilah harapannya panitia mampu mengambil ibroh dan melakukan perbaikan untuk masa yang akan datang.

Dengan mengharap ridho Allah Azza wa Jalla, semoga amal kita semua diterima oleh Allah SWT. Aamiin
#TimSesRamadhanBergemaEdisi9

SebelumnyaDari Shalat Menuju Daulat Umat

Berita Lainnya

0 Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.