SEKILAS INFO
  • 2 bulan yang lalu - Kepada seluruh Remaja/i di Wilayah RW I dan RW II, mohon kehadirannya besok pada hari Sabtu, 16 Maret 2019 dalam acara Mabil sekaligus Pelantikan Pengurus Risma baru… terima kasih atas perhatian dan kehadirannya.
WAKTU :

WAKTU SHALAT, Sunday, 19 05 2019 May 2019 >

IMSYAK 04:20
SUBUH 04:34
DZUHUR 11:44
ASHAR 15:05
MAGHRIB 17:35
ISYA 18:49
Diterbitkan :
Kategori :

Salah satu yang khas dari umat Islam bangsa Indonesia adalah budaya silaturahmi. Karena dilakukan dalam rangkaian perayaan Idul Fitri. Buktinya antara lain adalah saling mengunjungi di antara saudara. teman dan handai taulan setelah pelaksanaan shalat Id. Lewat budaya silaturahmi ini sesungguhnya bisa menautkan hati lintas generasi.

Secara ideologis bisa dipahami betapa urgen dan strategik budaya silaturahmi itu terhadap rintisan Kebangkitan Islam oleh HOS Cokroaminoto yang harus dilanjutkan oleh umat Islam secara sambung-menyambung. Seperti yang diingatkan oleh Buya Hamka (Perbendaharaan Lama : Menyingkap Sejarah Islam Di Nusantara, 2017) dikatakan bahwa : “…kebangkitan Islam secara baru, dimulai oleh seorang anak bangsawan. Dari pihak ibu keturunan Susuhunan Solo sendiri dan dari pihak bapak keturunan kiai yaitu Raden Omar Sayyid Cokroaminoto.”

Dalam catatan Ahmad Mansur Suryanegara (Api Sejarah, 2009) dikatakan bahwa HOS Cokroaminoto punya konsep yakni : “Tidak bisa manusia menjadi utama yang sesungguh-sungguhnya, tidak bisa manusia menjadi besar dan mulia dalam arti kata yang sebenarnya, tidak bisa ia menjadi berani dengan keberanian yang suci dan utama, kalau ada banyak barang yang ditakuti dan disembahnya. Keutamaan, kebesaran, kemuliaan dan keberanian yang sedemikian itu, hanyalah bisa tercapai karena tauhid saja. Tegasnya, menetapkan lahir batin: Tidak ada sesembahan melainkan Allah saja”.

Semoga dengan momentum Idul Fitri tahun ini hati-hati kita ditautkan oleh Allah untuk melanjutkan perjuangan para pendahulu mewujudkan bangsa dan negara kita yang maju dan mandiri dalam naungan ridho Ilahi. Allahu Al-Musta’an.

Penulis : Bambang Purwanto, S.Ag.

Source gambar : http://mattopsblog.blogspot.com/2014/07/jambatan-laluan-penghubung-kehidupan.html

Budaya Silaturahmi : Tautkan Hati Lintas Generasi Budaya Silaturahmi : Tautkan Hati Lintas Generasi
Salah satu yang khas dari umat Islam bangsa Indonesia adalah budaya silaturahmi. Karena dilakukan dalam rangkaian perayaan Idul Fitri. Buktinya antara lain adalah saling mengunjungi di antara saudara. teman dan...