SHARE

GOMBONG (NurfalNews) – Rupanya tidak hanya jabatan formal di pemerintahan dan di perusahaan yang pada saat awal jabatan harus dilakukan pelantikan dan serah terima jabatan. Sabtu malam (26/04/2014) kemarin, di Masjid Nurul Falaah desa Kedungpuji Kecamatan Gombong, Pemerintahan setempat menyelenggarakan kegiatan pelantikan pengurus Takmir Baru Masjid Nurul Falaah Desa Kedungpuji dengan mengusung tema “Dari Masjid kita bangun Masyarakat yang Beradab” kegiatan ini sekaligus dilanjutkan dengan penyusunan program kerja masing-masing Bidang.

Seperti pada umumnya kegiatan pelantikan, Takmir Masjid yang baru juga diwajibkan untuk mengucap sumpah jabatan. Pelantikan pengurus takmir dilakukan oleh Pemerintahan setempat yaitu Kepala Desa Kedungpuji bapak Yuliono Irmawan, A.Md. kemudian dilanjutkan sambutan dari beliau yang Intinya “kami dari pemerintah desa mendukung kepemimpinan njenengan semua dan kami percaya bahwa njenengan semuanya dapat mengemban amanah agung ini, kami harapkan selalu ada kordinasi dengan pemerintahan desa sehingga kegiatan masjid dapat berjalan dengan lancar” pungkas Yuli. maka sahlah kedudukan pengurus takmir baru Masjid Nurul Falaah desa Kedungpuji masa hidmah : 2014 s.d. 2019.

Setelah pelantikan selesai dan sebelum penyusunan program masing-masing bidang, Pengurus Takmir Baru mendengarkan Tausiyah singkat yang disampaikan oleh Ustadz Yunus Anies yang sekaligus menjadi Penasehat Takmir Masjid Nurul Falaah masa hidmah 2014 s.d. 2019. Isi dari pada tausiyah beliau adalah tentang ketakmiran masjid yang di nukil dari Al-Qur’an Surat At-Taubah ayat 18, “Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan sholat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.”.

Sementara itu, Ketua Takmir yang baru, Bambang Purwanto, M.Ag. menyatakan bahwa ide diselenggarakannya pelantikan pengurus takmir tersebut muncul spontan dari usulan warga saat diselenggarakannya musyawarah pemilihan takmir masjid baru. Ide diselenggarakannya pelantikan ini adalah untuk memotivasi pengurus takmir untuk menjalankan tugas-tugasnya.

Dengan adanya pelantikan yang disaksikan oleh orang banyak dan sekaligus dilakukan sumpah jabatan pula, diharapkan semua pengurus takmir yang dilengkapi 3 bidang (Idaroh/Administrasi dan Organisasi, Imaroh/Pemakmuran Masjid dan Riayah/ Pemeliharaan Masjid serta 12 seksi (Seksi Perencanaan, Seksi Administrasi, Seksi Informasi dan Dokumentasi, seksi Usaha, Seksi Peribadatan, Seksi Pendidikan dan Dakwah, Seksi PHBI, Seksi Sosial Kemasyarakatan, Seksi Perpustakaan, Seksi Keamanan, Seksi Pemeliaharaan dan Kebersihan serta seksi Peralatan & Perlengkapan. Ke 3 Bidang dan 12 Seksi ini akan menjalankan semua program-program yang telah direncanakan untuk kemakmuran masjid Nurul Falaah Desa Kedungpuji masa Hidmah 2014 s.d. 2019.

“Memang pengurus takmir masjid ini jabatan sosial keagamaan yang sifatnya lebih sukarela. Ada tanggung jawab kepada warga dan tanggung jawab justru terbesar kepada Allah SWT bila sampai mengingkari amanah yang diberikan. Pelantikan ini memberi tanggung jawab besar kepada pengurus dan menjadi semacam komitmen terbuka untuk sungguh-sungguh mengelola masjid dan meramaikannya. Lucu juga, bila seorang pengurus takmir ternyata tidak rajin jamaah di masjid yang dikelolanya” katanya. (SaifudinMDG)

SHARE
Next articleBergembira Menyambut Bulan Ramadhan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here