SHARE

Pak Parsino dulunya adalah seorang warga urban di Jakarta. Tapi dia bukan orang yang bekerja ke orang lain namun melakukan usaha wiraswasta sendiri, membuka usaha rumah makan yang menurut dia versi rumah makan padang. Kemudian Pak Parsino pulang kampung dengan mengusung usahanya yaitu dengan membuka warung makan Siang Malam Jalan Raya Gombong Timur Km. 3 tepatnya di Desa Kedungpuji sebelah barat SPBU batas kota Gombong-Karanganyar.

Rumah Makan Siang Malam didirikan sejak tahum 2009 dan karena Pak Parsino sudah berpengalaman dalam usaha ini maka tidak terlalu lama, sekitar 5-6 bulanan sudah bisa meraup keuntungan dengan baik, dan sekarang berkembang cukup baik.

Ada beberapa kiat yang dilakukan oleh Pak Parsino agar Rumah Makannya bisa berkembang dengan maksimal antara lain :

  • Dengan menyediakan aneka rasa dan jenis masakan, dengan kelengkapan hidangan yang mencapai 24 jenis masakan.
  • Membidik pangsa pasar tertentu sesuai dengan letak dan lingkungan masyarakat dimana lokasi rumah makan tersebut berada.
  • Mempertahankan harga yang tetap terjangkau walaupun untuk jenis masakan tertentu menetapkan harga yang dengan keuntungan amat tipis atau ibaratnya malah gak untung, agar menu masakan tersebut tetap tersedia.

Karena ia orang jawa yang selalu menjaga paseduluran maka ia tetap memberikan harga special kepada orang yang dekat karena masih saudara, tetangga, atau teman baik karena dengan begitu ia tidak hanya mendapatkan keuntungan materi tapi juga akan mendapat keuntungan persaudaraan (bati sanak).

Dalam menetapkan harga ia juga tak menaikan (nuthuk-jawa) misal untuk plat nomor mobil jauh maka harga juga tetap biasa.

Tak takut Kompetitor
Dengan munculnya banyak warung-warung makan bagi Pak Parsino itu tidak dianggap sebagai pesaing tapi malah bagian dari reklame. Karena hal itu akan mengundang banyak pelanggan-pelanggan baru, pelanggan akan datang untuk mendapatkan berbagai macam sajian yang di sediakan dari beberapa warung makan yang ada.

Lain halnya bila hanya ada satu rumah makan orang akan kurang berminat mendatangi, karena kalau tak suka makanan di satu rumah makan, tak bisa mencari di rumah makan yang lain, berbeda bila banyak rumah makan akan ada alternatif pilihan.

Nasehat Pak Parsino bagi generasi muda yang akan merintis usaha, hal yang prinsip yang harus perhatikan adalah kesukaannya pada bidang usaha itu, jadi sebuah usaha bukan hanya untuk mencari keuntungan tapi juga melakukan hobi, ketika orang melakukan sesuatu yang dia sukai maka akan melakukan dengan senang dan tidak ada keterpaksaan.

Pilihlah usaha yang resikonya mampu diatasi dan lakukanlah usaha dengan disiplin dan sungguh-sungguh. Man jadda wajadda man shabara zhafira…*** (SaifudinMDG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here