SEKILAS INFO
WAKTU :

WAKTU SHALAT, Saturday, 18 08 2018 August 2018 >

IMSYAK 04:20
SUBUH 04:34
DZUHUR 11:44
ASHAR 15:05
MAGHRIB 17:35
ISYA 18:49
Diterbitkan :
Kategori : KEDUNGPUJI NEWS / NEWS / NEWS UPDATE
Komentar : 0 komentar

GOMBONG (NurfalNews) – Pelaksanaan shalat Idul Fitri 1438 hijriyah di Halaman Masjid Nurul Falaah dipenuhi ribuan jamaah, Ahad (25/6/2017) pagi. Shalat Idul Fitri yang digelar oleh Takmir Masjid Nurul Falaah itu, tidak hanya dari warga sekitar, melainkan juga banyak yang dari warga lain memilih lokasi ini untuk melaksanakan ibadah tersebut.

Pantauan Nurfal News, ribuan umat muslim sudah terlihat mendatangi Masjid Nurul Falaah Kedungpuji ini mulai pukul 05.30 WIB. Jamaah yang mengikuti shalat Idul Fitri di masjid ini meluber dari halaman masjid hingga mengular di jalan-jalan desa.

Masjid terbesar di Desa Kedungpuji itu tak mampu menampung banyaknya jamaah. Akibatnya, lalu lintas di depan dan disamping masjid ditutup total karena dipenuhi jamaah yang hendak menjalankan shalat Idul fitri itu. “karena jumlahnya yang banyak hingga ribuan jamaah, maka ada jamaah yang menjalankan shalat Idul Fitri di ujung jalan hingga di teras rumah warga,” kata Tri Purwanto (32), salah satu jamaah shalat id.

Bertindak sebagai imam pada shalat Idul Fitri tahun 1438 Hijriyah adalah Kyai Ahmad Subadri, kemudian sebagai khatib yakni Ustadz Yunus Anies, penasehat Masjid setempat. Gema takbir, tahlil, tahmid dilantunkan imam dan bilal Partiman Adi Siswoyo.

Pada kesempatan itu, Wakil Ketua Takmir Masjid Nurul Falaah Budiyono, S.Pd. ketika dijumpai Jurnalis NurfalNews, menjelaskan dirinya mengapresiasi antusiasnya umat Islam dalam menyemarakan dan mensyiarkan agama Islam di Desa Kedungpuji Kecamatan Gombong. Sebab sepanjang sejarah daerah ini, kali inilah umat Islam terbanyak melaksanakan ibadah Idul Fitri. “walau panitia tiap tahun sudah menambah gelaran tikar, namun tetap saja tidak cukup karena jamaah selalu bertambah,” ungkapnya.

Kemudian, lanjutnya, harus tetap terjaga program-program di Masjid Nurul Falaah Kedungpuji, sebab ini kebaggaan masyarakat Kedungpuji, “Kita punya syimbol kebanggaan kita, ini bukti komitmen kita untuk mengagungkan agama Allah dan bukti kecintaan kita kepada agama yang kita imani,” paparnya.

Diterangkannya, adanya Agenda Ramadhan di masjid Nurul Falaah sebagai ikon utama daerah ini, selain itu sebagai subtansi dan esensinya menyangkut dampak yang timbul di masyarakat, menggambarkan program keagamaan teraplikasi dengan baik, jadi Masjid Nurul Falaah sebagai pilar dan lokomotif pembangunan baik itu, mental, sosial, ekonomi, politik, pendidikan dan lainnya. “ini semua sesuai dengan visi masjid yaitu Terwujudnya Masjid Nurul Falaah sebagai pusat peradaban Islam,” pungkasnya.

Sementara itu, hikmah khutbah idul fitri yang disampaikan Ustadz Yunus Anies, bahwa umat Islam diajak untuk saling menghormati dan menghargai satu dengan lainnya dengan mengedepankan semangat ukhuwah Islamiyah dan melestarikan silaturrahim.

Menurut Ustadz Yunus, momen Hari Raya Idul Fitri harus dimanfaatkan oleh umat Islam untuk menjaga dan meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. “hanya orang bertaqwalah yang bisa menikmati kebahagiaan dunia dan akherat. Bukan hanya suasana tertawa (senang) yang bisa dinikmati oleh orang bertaqwa, namun kesedihan pun juga bisa dinikmati, karena Allah bersamanya,” paparnya.

Penasehat Masjid Nurul Falaah itu juga menghimbau seluruh umat Islam agar memperbanyak silaturrahim dan merajut ukhuwah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, menebarkan pesan perdamaian kepada masyarakat.

Selain itu, masyarakat diminta untuk menyikapi teknologi dengan memanfaatkan untuk sesuatu yang bermanfaat seperti menjalin tali silaturrahim dengan teman, saudara yang jauh, namun dengan orang tua atau saudara dekat silaturrahim dilakukan dengan menggunakan media sosial ini tidak pantas, “kurang sopan dan tidak ada di budaya ketimuran seperti Indonesia” terangnya. (sfd)

SebelumnyaHeboh!! Sambut Kemenangan, Takbir Keliling ramaikan Desa Kedungpuji SesudahnyaJalin Ukhuwah Islamiyah, RISMA Nurul Falaah Gelar Halal Bihalal
Cintai Nabi, Makmurkan Masjid dan Majukan Desa Cintai Nabi, Makmurkan Masjid dan Majukan Desa
Rindu kami padamu ya Rasul, Rindu tiada terperi, Berabad jarak darimu ya Rasul, Serasa dikau disini, Cinta ikhlasmu pada manusia, Bagai cahaya suwarga, Dapatkah kami membalas cintamu, Secara bersahaja. #######...
Perempuan Hebat Di Balik H.O.S. Tjokroaminoto Perempuan Hebat Di Balik H.O.S. Tjokroaminoto
“Ayahanda! Dahulu anakanda dikawinkan oleh ayah-bunda, sedangkan anakanda pada waktu itu tidak kenal dengan Mas Tjokro. Anakanda taat! Kini anakanda pun tetap taat. Kalau ayah-bunda ceraikan anakanda dari Mas Tjokro,...
Merindukan Pemimpin Sejati Merindukan Pemimpin Sejati
“….Tetapi pemimpin sejati tetap ingat; umur di dunia tidaklah akan lama, tetapi umur sejarahlah yang lebih lama.” (Buya Hamka) ###### Itulah antara lain yang ditulis oleh Buya Hamka (“Pemimpin Sejati” dalam...
Yang Muda, Yang Berprestasi : Impian Setiap Orang Tua Yang Muda, Yang Berprestasi : Impian Setiap Orang Tua
“Muhammad Al-Fatih adalah pemimpin hebat yang dalam usia sangat muda berhasil menaklukkan Konstantinopel pada tahun 1543. Ia adalah contoh kisah sukses model pendidikan yang menekankan pada penanaman adab dan kesungguhan...
Cerdas dan Berkarakter: Sebuah Impian dari Pesantren Cerdas dan Berkarakter: Sebuah Impian dari Pesantren
Dalam buku “Rekonstruksi Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia” dikatakan bahwa pesantren merupakan lembaga pendidikan pertama yang dikenal oleh umat Islam di Indonesia. Menurut Akbar Zainudin (Ketika Sukses Berawal Dari Pesantren,...
Mencari Teman Sejati Mencari Teman Sejati
“Selama ini, Ku mencari-cari, Teman yang sejati, Buat menemani, Perjuangan suci”. Itulah bait pertama dari sebuah lagu yang berjudul “Teman Sejati.” Dalam kaitan ini peringatan dari Buya Hamka pantas diperhatikan....


TINGGALKAN KOMENTAR

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.