SHARE

GOMBONG (NurfalNews) – Merupakan sebuah kebanggan tersendiri untuk seluruh warga Desa Kedungpuji Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen, pasalnya Agustus tahun ini, dari pemerintah Desa Kedungpuji mengundang perwakilan warganya dari berbagai unsur, baik dari pemdes, lembaga-lembaga desa, tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk berkumpul di Balai Desa Kedungpuji untuk merencanakan dan melaksanakan kegiatan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia tercinta yang ke 70 Senin (3/8/2015) kemarin.

Panitia yang telah terbentuk akan memeriahkan serangkaian kegiatan di tahun ini yang akan dilaksanakan di Lapangan Desa dan Aula Balai Desa, mulai dari Upacara Bendera yang bergabung dengan pihak Kecamatan Gombong, Jalan Sehat, Lomba Pidato Bahasa Jawa, Turnamen Badminton, Pertandingan Sepak Bola, dan Malam Pentas Seni sebagai pungkasan kegiatan.

Menurut Sekretaris Kegiatan Peringatan Kemerdekaan RI ke 70, Drs. Paryono menyatakan bahwa kemeriahan peringatan HUT RI ke 70 Desa Kedungpuji ini adalah salah satu indikator yang menunjukan bahwa masyarakat menghargai jasa para pejuang.

Beliau juga menjelaskan bahwa anak muda harus bertanggung jawab untuk melanjutkan perjuangan para pejuang kemerdekaan yakni dengan mengisinya dengan berbagai kegiatan positif, menjauhi hal-hal yang akan merusak citra bangsa serta terus berusaha mengangkat bangsa ini hingga sejajar dengan bangsa-bangsa maju.

Sementara Kepala Desa Kedungpuji Yuliono Irmawan, A.Md., mengatakan bahwa peringatan HUT RI Desa Kedungpuji tahun 2015 ini sengaja dibuat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. “Kegiatan peringatan HUT RI tahun ini kami konsep lebih meriah. Selain ada beberapa lomba kamipun adakan malam pentas seni sebagai wadah penyaluran bakat dan kreatifitas warga Desa Kedungpuji dalam rangka memeriahkan peringatan HUT RI ke 70 tersebut.”

“….kegiatan tersebut terlaksana atas kerjasama lapisan masyarakat dan perusahaan-perusahaan yang ada di wilayah Desa Kedungpuji. Masyarakatpun turut serta berpartisipasi untuk membantu terlaksananya rangkaian kegiatan yang digelar.” Imbuh Yuli.

“…..semua pihak diharapkan mendukung program yang sudah dibuat oleh Pemerintah Desa Kedungpuji yang sudah terbentuk dalam kepanitiaan”. Yuli juga meminta warganya untuk terus bahu-membahu  guna mendukung program pemerintah Desa.

Kemudian, Yuli juga meminta 17 ketua RT yang ada di Desa Kedungpuji ini untuk maju bersama-sama, jangan ada yang timpang. “Pak ketua RT wajib menghimbau warganya untuk bersama-sama membangun lingkungannya masing-masing,’’ ujarnya.

Ketika dijumpai NurfalNews Sekretaris Kegiatan Jamilah menyampaikan bahwa berbagai perlombaan yang digelar masing-masing akan mendapatkan hadiah yang menarik. Adapun panitia menyediakan doorprize dan hadiah seperti kulkas, TV, sepeda dan puluhan hadiah lainnya yang menarik.

MASYARAKAT PADA PERINGATAN HUT RI ke 70

Himbauan yang disampaikan Kepala Desa kepada warga dalam rangka persiapan peringatan HUT RI ke 70 antara lain kebersihan lingkungan dan pemasangan umbul-umbul. Meskipun tidak diperlombakan seperti tahun lalu namun geliat warga untuk menyambut peringatan HUT RI yang ke 70 di Desa Kedungpuji tersebut terlihat sangat antusias dengan meriahnya jalan-jalan dan gang-gang dengan penuh umbul-umbul dan ornamen hiasan yang dipasangnya.

Bagi warga tentunya ini memiliki tujuan tersendiri, seperti yang disampaikan Tri warga Rt. 01 Rw. 02 ketika dijumpai saifudinmadugo.com saat kerja bakti, bahwa maksud dan tujuan membersihkan lingkungan dan pemasangan umbul-umbul bendera dan oranamen lainnya, selain untuk membuat peringatan kemerdekaan supaya meriah di desa yang kita cintai ini, ada pesan nilai luhur yang ingin disampaikan didalamnya yaitu supaya kita sebagai masyarakat Desa Kedungpuji bangga terhadap seni dan budaya daerah kita dengan kerja bakti untuk kebersihan lingkungan” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, setiap RT yang jumlahnya 17 RT di tiga RW itu diharapkan menampilkan kesenian di acara malam pentas seni, Menurut Kordinator Lomba Pidato Bahasa Jawa Bambang Purwanto, S.Ag., menyampaikan bahwa perlombaan pidato bahasa jawa dengan tema “Tingkatkan Imtak dan Iptek di Era Globalisasi dan Peran Pemuda dalam Pembangunan Desa” ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi peserta dalam membudayakan bahasa jawa yang hampir sudah punah, sehingga diharapkan dengan momentum kegiatan tersebut budaya anggah ungguh (sopan-santun *red) dapat tetap dilestarikan. Dirgahayu RI*** Merdeka!!! (SaifudinMDG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here