SEKILAS INFO
WAKTU :

WAKTU SHALAT, Saturday, 18 08 2018 August 2018 >

IMSYAK 04:20
SUBUH 04:34
DZUHUR 11:44
ASHAR 15:05
MAGHRIB 17:35
ISYA 18:49
Diterbitkan :
Kategori : KEDUNGPUJI NEWS / NEWS / NEWS UPDATE
Komentar : 0 komentar

GOMBONG (NurfalNews) – Suasana berbeda nampak terlihat di Masjid Nurul Falaah Kedungpuji sore itu. Hal ini dikarenakan Remaja Islam Masjid (RISMA) Nurul Falaah tengah menggelar halal bihalal dan silaturrahim keluarga besar Masjid Nurul Falaah Kedungpuji pasca melaksanakan ibadah puasa Ramadhan 1438 H. Bertempat di masjid setempat, jalan balai desa Kedungpuji Rt. 05 Rw. 02 Kedungpuji Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen Selasa, (27/6), acara ini berjalan dengan penuh kekeluargaan.

Masih dalam nuansa bulan syawal, acara yang digelar untuk mempererat jalinan ukhuwah Islamiyyah antara Takmir Masjid, Risma, Alumni Risma dan Jamaah Masjid Nurul Falaah itu, sekaligus menjadi ajang silaturrahim dan saling bertukar pengalaman dari Alumni Risma Nurul Falaah dari Angkatan tahun 1994 s.d. 2017. “Semoga acara ini dapat memberikan kontribusi dan banyak manfaat demi kemajuan Masjid Nurul Falaah dan tegaknya dinul Islam khususnya di desa Kedungpuji,” kata Budiyono, S.Pd. saat memberikan sambutan panitia.

Dengan mengusung tema “Budaya Ilmu dan Kemuliaan Umat Islam”, Hikmah halal bihalal itu diisi oleh Ustadz Bambang Purwanto, S.Ag. sebagai penceramah. Kali ini, Ustad  Bambang menyampaikan materi mengenai pentingnya menguatkan tantangan dakwah khususnya di desa Kedungpuji. “Agar generasi dan kader kuat dalam berdakwah maka harus ada tiga landasan diantaranya, solidaritas sosial, penguatan SDM, jiwa optimis atau kerja keras,” paparnya.

Ustadz yang sekaligus menjadi Ketua Takmir Masjid Nurul Falaah itu, menambahkan, pihaknya dedikasikan Masjid Nurul Falaah itu untuk kemajuan Islam, sebagai pusat ibadah, pusat belajar dan penguatan Umat Islam. “Tantangan dakwah bagi masjid Nurul Falaah pada saat ini adalah Nativisme, Sekularisme dan kristenisasi, ketiga tantangan itu yang harus membuat kita semakin serius mengelola masjid yang kita cintai.” Ungkapnya.

Sementara ikrar silaturrahim perwakilan alumni risma Nurul Falaah kepada pihak Takmir Masjid yang disampaikan oleh Billy Bagus Nurul Alam, S.H. itu, dengan tegas ditirukan oleh semua alumni yang turut hadir pada kesempatan itu. Deklarasipun diserukan “kami Risma dan Alumni Risma Nurul Falaah berkomitmen untuk berkontribusi demi penegakkan dakwah dan kemajuan Masjid Nurul Falaah, semoga yang kita dedikasikan menjadi bukti keIslaman dan Keimanan kita kepada Allah, dan hanya Allah menjadi saksi atas apa yang kita ucapkan,” tandas Billy sembari menambahkan risma di era sekarang harus melek teknologi.

Pada kesempatan itu pula penasehat Takmir Masjid Nurul Falaah Partiman Adi Siswoyo, menerima iklar sakaligus memberikan sambutan hangat kepada semua jamaah yang turut hadir pada acara itu. Dirinya berharap apapun yang menjadi kebutuhan Masjid Nurul Falaah agar mendapat perhatian bersama dan dukungan dari semua pihak.

Lanjutnya, Kedepan mudah-mudahan Masjid Nurul Falaah menjadi lebih maju, berbagai program yang direncanakan dapat terealisasi dengan baik. Melalui sambutannya pula, dirinya mengajak semua hadirin untuk menirukan seruan yel-yel pada malam itu, “Umat Islam Bersatu, Umat Islam Maju, Islam Jaya, Laa Haula wala quwwata illaa billah.” Tandasnya membuat acara semakin semarak.

Madrasah Diniyyah Masjid Nurul Falaah segera terwujud

Dalam rangka menguatkan kader-kader Islam khususnya Risma Nurul Falaah maka perlunya membuat strategi manajemen pendidikan yang berkelanjutan sehingga dapat memberikan bekal pemahaman akidah dan semangat berdakwah lebih mendalam. Hal itu disampaikan kepala TPQ Nurul Falaah Muchyani, S.Pd., pada acara Silaturrahim dan halal bihalal di sesi sambung rasa.

Pada kesempatan itu, Muchyani yang kerap disapa ust Yani itu, menjelaskan pentingnya kebutuhan tempat pendidikan pasca Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) dapat segera terwujud. Pasalnya Madrasah Dinniyah (Madin) sangat penting untuk diwujudkan agar dapat memberikan ruang pendidikan kepada alumni TPQ untuk terus dapat mengaplikasikan ilmunya sehingga mampu menjadi tauladan di masyarakatnya.

“Impian itu sudah lama kami programkan dan Madin rencananya akan dibangun di atas tanah wakaf dari Ibu Hj. Siti Rochyatiningsih seluas ± 10 ubin, namun lagi-lagi kendala biaya pembangunan, untuk itu di acara yang indah ini kami memberikan kesempatan bagi teman-teman untuk bersama-sama mewujudkan Madin tersebut.” Harapnya.

Alumni Risma pun merespon dengan positif wacana tersebut, yang selanjutnya akan dibentuk tim untuk merealisasikan harapan-harapan mulia Masjid Nurul Falaah. Seperti yang disampaikan oleh Senior Alumni Risma Nurul Falaah Arwan Effendy (39), dirinya selaku Presiden Alumni Risma Nurul Falaah akan berkomitmen mengadakan pertemuan secara intensif di luar kota, dengan tujuan untuk merealisasikan harapan-harapan Masjid tersebut.

Tak hanya itu, Arwan Effendy yang kerap disapa mas Wawan itu, juga akan segera merapat dengan segenap alumni untuk membahas solusi dari berbagai persoalan dan probematika yang ada di Masjid Nurul Falaah termasuk menggalang dana Alumni untuk kebutuhan Madin. (sfd)

SebelumnyaRibuan jamaah shalat 'Id padati masjid Nurul Falaah SesudahnyaSaatnya Dakwah Ekonomi Dilaksanakan
Cintai Nabi, Makmurkan Masjid dan Majukan Desa Cintai Nabi, Makmurkan Masjid dan Majukan Desa
Rindu kami padamu ya Rasul, Rindu tiada terperi, Berabad jarak darimu ya Rasul, Serasa dikau disini, Cinta ikhlasmu pada manusia, Bagai cahaya suwarga, Dapatkah kami membalas cintamu, Secara bersahaja. #######...
Perempuan Hebat Di Balik H.O.S. Tjokroaminoto Perempuan Hebat Di Balik H.O.S. Tjokroaminoto
“Ayahanda! Dahulu anakanda dikawinkan oleh ayah-bunda, sedangkan anakanda pada waktu itu tidak kenal dengan Mas Tjokro. Anakanda taat! Kini anakanda pun tetap taat. Kalau ayah-bunda ceraikan anakanda dari Mas Tjokro,...
Merindukan Pemimpin Sejati Merindukan Pemimpin Sejati
“….Tetapi pemimpin sejati tetap ingat; umur di dunia tidaklah akan lama, tetapi umur sejarahlah yang lebih lama.” (Buya Hamka) ###### Itulah antara lain yang ditulis oleh Buya Hamka (“Pemimpin Sejati” dalam...
Yang Muda, Yang Berprestasi : Impian Setiap Orang Tua Yang Muda, Yang Berprestasi : Impian Setiap Orang Tua
“Muhammad Al-Fatih adalah pemimpin hebat yang dalam usia sangat muda berhasil menaklukkan Konstantinopel pada tahun 1543. Ia adalah contoh kisah sukses model pendidikan yang menekankan pada penanaman adab dan kesungguhan...
Cerdas dan Berkarakter: Sebuah Impian dari Pesantren Cerdas dan Berkarakter: Sebuah Impian dari Pesantren
Dalam buku “Rekonstruksi Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia” dikatakan bahwa pesantren merupakan lembaga pendidikan pertama yang dikenal oleh umat Islam di Indonesia. Menurut Akbar Zainudin (Ketika Sukses Berawal Dari Pesantren,...
Mencari Teman Sejati Mencari Teman Sejati
“Selama ini, Ku mencari-cari, Teman yang sejati, Buat menemani, Perjuangan suci”. Itulah bait pertama dari sebuah lagu yang berjudul “Teman Sejati.” Dalam kaitan ini peringatan dari Buya Hamka pantas diperhatikan....


TINGGALKAN KOMENTAR

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.