SEKILAS INFO
WAKTU :

WAKTU SHALAT, Saturday, 18 08 2018 August 2018 >

IMSYAK 04:20
SUBUH 04:34
DZUHUR 11:44
ASHAR 15:05
MAGHRIB 17:35
ISYA 18:49
Diterbitkan :
Kategori : KEDUNGPUJI NEWS / NEWS / NEWS UPDATE
Komentar : 0 komentar

GOMBONG (NurfalNews) – Merayakan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah yang jatuh pada hari Ahad (25/6/2017) Takmir Masjid Nurul Falaah, Desa Kedungpuji, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah mengadakan takbir keliling, Sabtu (24/6) malam.

“Kegiatan takbir keliling desa dilakukan sebagai rasa syukur atas kemenangan setelah satu bulan penuh berpuasa,” kata Ketua Takmir Masjid Nurul Falaah Bambang Purwanto, S.Ag. kepada NurfalNews.

Bambang menambahkan, bahwa Kegiatan Takbir Keliling merupakan agenda rutin Masjid Nurul Falaah yang dilaksanakan tiap tahun saat malam idul fitri. Selain ungkapan rasa syukur akan hadirnya Idul Fitri, kegiatan takbir keliling juga bertujuan untuk syiar umat Islam.

“Semoga tahun depan acara seperti ini lebih semarak lagi dengan memunculkan pertunjukan seperti abit-abitan dan hiburan Islami lainnya untuk menyemarakkan malam kemenangan umat Islam.” harapnya yang turut menyaksikan kegiatan takbir keliling itu.

Ratusan peserta takbir keliling yang terdiri dari jamaah masjid dan mushola di wilayah RW I dan RW II Desa Kedungpuji didominasi para pemuda dan anak-anak itu, berjalan mengikuti korlap takbir yang berada dibarisan paling depan dengan membentangkan Spanduk bertuliskan “Takbir Keliling 1438 H Masjid Nurul Falaah”.

Kegiatan takbir keliling sejauh 3 Km itu, dimulai dan berakhir di Halaman Masjid Nurul Falaah dengan rute mengelilingi jalan utama desa setempat. Antusias ratusan peserta yang ikut sepanjang jalan membawa oncor dengan mengumandangkan takbir dan takmid.

Acara yang rutin dilakukan setiap tahunnya itu sontak mengundang perhatian warga sekitar yang melihat barisan peserta yang mengular sepanjang 500 meter. Gemuruh suara bedug dan gema takbir membuat suasana takbiran menjadi semakin lebih semarak.

Kepala Desa Kedungpuji Yuliono Irmawan, A.Md., ketika dijumpai jurnalis NurfalNews di sela-sela takbir keliling, mengapresiasi kegiatan Takbir Keliling yang diadakan oleh takmir Masjid Nurul Falaah Kedungpuji pada tahun ini memang lebih meriah dari tahun sebelumnya.

Menurut Kades Yuli, masyarakat cukup antusias meramaikan kegiatan takbir keliling, sehingga kehidupan beragama sangat tumbuh dengan mencintai kepada Allah SWT dan Rasulnya Nabi Muhammad SAW.

Selain merupakan syiar Islam, lanjut Yuli, kegiatan tersebut dapat mempererat dan menjalin tali ukhuwah Islamiyyah antar warga Kedungpuji. “Saya yakin pendidikan agama Islam di Kedungpuji sangat baik karena terbukti dengan ratusan warga turut serta mengikuti takbir keliling tersebut,” ujarnya yang juga berharap kegiatan tersebut tidak hanya bernilai syiar saja, namun juga diharapkan mampu menjadi salah satu daya tarik masyarakat untuk mencintai masjid.

Salah satu peserta takbir keliling warga Rt. 01 Rw. 02, Fauzan Afif Lutfiansyah (13), mengungkapkan, acara gema takbir sangat meriah, di setiap rombongan pun berusaha menggemakan takbir sebaik dan sekreatif mungkin.

Selain itu, Fauzan juga merasakan kegembiraannya dengan ikut menabuh bedug sepanjang takbir keliling dengan bergantian dengan temannya. “Semoga acara takbir ini mendapat keberkahan dan ridho dari Allah SWT.” pungkasnya (sfd)

SebelumnyaJelang Lebaran, Takmir Masjid Nurul Falaah gelar Pengajian dan Bakti Sosial SesudahnyaRibuan jamaah shalat 'Id padati masjid Nurul Falaah
Cintai Nabi, Makmurkan Masjid dan Majukan Desa Cintai Nabi, Makmurkan Masjid dan Majukan Desa
Rindu kami padamu ya Rasul, Rindu tiada terperi, Berabad jarak darimu ya Rasul, Serasa dikau disini, Cinta ikhlasmu pada manusia, Bagai cahaya suwarga, Dapatkah kami membalas cintamu, Secara bersahaja. #######...
Perempuan Hebat Di Balik H.O.S. Tjokroaminoto Perempuan Hebat Di Balik H.O.S. Tjokroaminoto
“Ayahanda! Dahulu anakanda dikawinkan oleh ayah-bunda, sedangkan anakanda pada waktu itu tidak kenal dengan Mas Tjokro. Anakanda taat! Kini anakanda pun tetap taat. Kalau ayah-bunda ceraikan anakanda dari Mas Tjokro,...
Merindukan Pemimpin Sejati Merindukan Pemimpin Sejati
“….Tetapi pemimpin sejati tetap ingat; umur di dunia tidaklah akan lama, tetapi umur sejarahlah yang lebih lama.” (Buya Hamka) ###### Itulah antara lain yang ditulis oleh Buya Hamka (“Pemimpin Sejati” dalam...
Yang Muda, Yang Berprestasi : Impian Setiap Orang Tua Yang Muda, Yang Berprestasi : Impian Setiap Orang Tua
“Muhammad Al-Fatih adalah pemimpin hebat yang dalam usia sangat muda berhasil menaklukkan Konstantinopel pada tahun 1543. Ia adalah contoh kisah sukses model pendidikan yang menekankan pada penanaman adab dan kesungguhan...
Cerdas dan Berkarakter: Sebuah Impian dari Pesantren Cerdas dan Berkarakter: Sebuah Impian dari Pesantren
Dalam buku “Rekonstruksi Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia” dikatakan bahwa pesantren merupakan lembaga pendidikan pertama yang dikenal oleh umat Islam di Indonesia. Menurut Akbar Zainudin (Ketika Sukses Berawal Dari Pesantren,...
Mencari Teman Sejati Mencari Teman Sejati
“Selama ini, Ku mencari-cari, Teman yang sejati, Buat menemani, Perjuangan suci”. Itulah bait pertama dari sebuah lagu yang berjudul “Teman Sejati.” Dalam kaitan ini peringatan dari Buya Hamka pantas diperhatikan....


TINGGALKAN KOMENTAR

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.