SHARE

Dari liputan media tampaknya saat ini sedang marak peristiwa yang menunjukkan hilangnya budaya ilmu di kalangan bangsa kita. Belum lama berselang terjadi kasus penistaan terhadap sosok seorang ulama yang kharismatik. Sehingga memicu nada protes dari beberapa tokoh nasional.

Padahal menurut Wan Mohd Nor Wan Daud (Budaya Ilmu : Satu Penjelasan, 2007) bahwa budaya ilmu merupakan salah satu syarat terwujudnya kejayaan suatu bangsa. Melihat kecenderungan tersebut betapa mirisnya jika marwah bangsa kita melayang karena telah kehilangan budaya ilmu.

Menurut Khalif Muammar (Faktor Kegemilangan Tamadun Islam : Pengajaran Dari Masa Lalu dalam Jurnal Hadhari, 2009) bahwa budaya ilmu adalah budaya yang diwarnai oleh kebijaksanaan dalam berpikir dan bertindak.

Masih menurut guru besar di Institut Alam dan Tamadun Melayu (ATMA) Universitas Kebangsaan Malaysia tersebut ada lima ciri khas masyarakat yang memiliki budaya ilmu :

  1. Peranan besar ilmuwan dalam mencerdaskan dan mencerahkan masyarakat,
  2. Penghormatan terhadap otoritas,
  3. Segala persoalan dibahas dengan bijaksana dan dewasa,
  4. Pengangkatan seseorang pemimpin berdasarkan ilmu, dan akhlak,
  5. Terbuka pemikirannya dan maju cara berpikirnya,
  6. Memiliki kepribadian dan jati diri yang mantap.

Dalam catatan cendekiawan muslim terkemuka yang juga salah seorang murid dari Allahu yarham Fazlur Rahman tersebut bahwa terdapat tiga pihak yang sangat menentukan dalam usaha pembinaan budaya ilmu. Yakni para pemimpin politik, para pendidik dan para orang tua.

Dicontohkan misalnya di tingkat keluarga hendaknya para orang tua menyemai budaya ilmu di kalangan anak-anak dengan adanya perpustakaan di rumah. Lebih jauh dikatakan bahwa di sini isu pokoknya bukan masalah bahan bacaan tetapi sikap terhadap ilmu dan pembacaan “reflective”.

Semoga kerjasama yang baik antara ketiga komponen bangsa yang sangat strategis dalam pembinaan budaya ilmu tersebut bisa terus dijalin, sehingga kejayaan sebagai bangsa bisa kita jaga bersama-sama. Allohu Al-Musta’an.

Penulis: Bambang Purwanto

Ilustrasi Gambar : http://ahmadfarieds.blogspot.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here